Manfaat Kunyit Putih

Monday, February 3rd, 2014 - Nutrisi

Apabila artikel Manfaat Kunyit Putih bermanfaat bagi Anda, silahkan klik tombol like:

Kunyit putih sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai obat herbal. Berbagai jenis percobaan sudah dilakukan baik itu di dalam negeri maupun di negeri, entah itu dengan cara uji farmakologi hingga toksikologi sudah dilakukan. Uji klinis juga sudah dilakukan guna mendapatkan bukti akan manfaat dari kunyit putih.

kunyit putih

Masyarakat kita sendiri, khususnya masyarakat Jawa biasa menggunakan kunyit putih sebagai salah satu obat herbal penurun demam serta peluruh keringat. Sedangkan masyarakat Dayak biasa menggunakan kunyit putih sebagai obat batuk darah ataupun keracunan makanan. Sementara itu, untuk kaum wanita kunyit putih juga berfungsi untuk membersihkan kotoran saat sedang dalam haid.

Seperti diketahui, kunyit putih sendiri merupakan salah satu sejenis rempah-rempah yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia sehingga dapat mudah didapatkan saat diperlukan. Pada dasarnya kunyit putih memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Dan berikut ini beberapa manfaat yang terkandung pada kunyit putih bagi kesehatan.

1. Mampu mencegah terjadinya diabetes

Kunyit putih mengandung zat kurkumin. Dimana zat ini mampu mengurangi resistansi insulin di dalam tubuh kita. Dengan kata lain, kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit putih mampu mengendalikan kandungan glukosa yang terdapat di dalam. Sehingga kunyit putih mampu mencegah terjadinya diabetes.

2. Sebagai obat tifus

Kunyit putih juga bisa digunakan sebagai obat tifus. Caranya mudah, sediakan 3 buah kunyit putih, 10 lembar daun sambiloto, serta 5 batang sere. Setelah semua bahan terkumpul, tumbuk hingga halus dan tambahkan 1 gelas air panas kemudian kita saring. Tunggu sampai dingin lalu minum.

3. Mampu mencegah anemia

Dengan mengonsumsi kunyit putih, kita bisa mencegah terjadinya anemia. Dimana seperti diketahui, anemia sendiri terjadi akibat tubuh kita kekurangan zat besi. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam kunyit putih mampu melengkapi kebutuhan tubuh kita akan zat besi.

4. Mampu mencegah alzheimer

Pada umumnya, para penderita alzheimer akan mengalami masalah pada ingatan, pikiran serta penilaian. Beberapa ahli menemukan jika kandungan zat anti-inflamasi serta antioksidan yang terkandung di dalam kunyit putih mampu mencegah resiko terserang penyakit alzheimer.

5. Dapat mencegah serta mengobati panas dalam

Kunyit putih juga bermanfaat untuk mencegah serta mengobati panas dalam. Cara pengobatannya pun sangat mudah. Kita tinggal menyiapkan satu siung kunyit yang sudah di kupas dan dibersihkan. Kemudian kita parut, hasil parutan tersebut kita campur dengan gula merah dan air hangat. Minumlah ramuan ini selagi masih hangat.

6. Mampu mengobati kanker

Kunyit putih mengandung kurkumin yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya kerusakan serta mutasi pada sel-sel tubuh yang disebabkan oleh terjadinya radikal bebas. Dan hebatnya lagi, kandungan kurkumin ini juga bisa menghambat proses pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain Manfaat Kunyit Putih, Anda dapat menemukan beragam manfaat lainnya di halaman Facebook kami. Silahkan klik tombol like di bawah.

Manfaat Kunyit Putih | Plaza Rumah | 4.5
Leave a Reply